Batik Madura Warisan Budaya Indonesia

03.05 putu


Informasi terbaru Batik Madura Warisan Budaya Indonesia


Batik, mungkin Sebagian besar masyarakat telah mengenal batik Madura sebagai batik dengan karakter yang kuat, yakni memiliki ciri bebas, dengan warna-warna yang berani (merah, kuning, hijau terang). Namun jarang yang tahu bahwa batik Madura memiliki mungkin lebih dari seribu motif dan kebanyakan yang beredar di pasar adalah batik-batik Madura pasaran

Sebagai sebuah bentuk karya seni budaya, batik Madura banyak diminati dan digemari oleh konsumen lokal dan internasional. Dengan bentuk dan motif yang khas batik Madura mempunyai keunikan tersendiri bagi para konsumen. Corak dan ragamnya yang unik dan bebas, sifat produksinya yang personal dikerjakan secara satuan, masih mempertahankan pembuatan tradisional, ditulis dan diproses dengan cara-cara tradisional dan senantiasa menggunakan bahan pewarna alami yang ramah dengan lingkungan.

Sejarah mencatat Madura merupakan produsen batik dan jamu yang cukup terkenal. Yang membuatnya menjadi seperti itu, mungkin disebabkan karena kedua komoditas itu menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi masyarakatnya sendiri.

Industri kecil yang menjadi kebanggaan daerah ini memang batik. Bagi Madura, batik bukan hanya sehelai kain, namun telah menjadi ikon budaya dan sering menjadi objek penelitian banyak institusi. Di berbagai buku batik terbitan luar negeri, batik Madura menjadi perhatian khusus. Motif dan warna yang tertuang di dalam kain panjang itu, merefleksikan karakter masyarakatnya. Terlebih lagi batik buatan Tanjung Bumi di Kabupaten Bangkalan.

Tidak hanya di Tanjung Bumi saja, batik telah menjadi nilai seni budaya Indonesia di mata asing. Bahkan pakaian atau baju batik menjadi bagian dari pakaian resmi di Indonesia. Tidak jarang kita menemukan atau bahkan sering, para undangan, pejabat mengenakan pakaian batik pada acara resmi keluarga, negara dan lain sebagainya.

Pada dasaranya, Batik dengan bentuk dan corak yang berbeda, baik itu batik Madura, batik pekalongan, batik jawa, batik jogja,batik solo dan batik-batik daerah lain adalah karya seni budaya tinggi yang perlu untuk dipertahankan, dilestarikan, dikembangkan sehingga menjadi asset berharga bangsa ini dimata internasional.

Mari kita bayangkan bagaimana seandainya pakaian jas yang kini menjadi pakaian resmi kenegaraan di penjuru dunia, diganti dengan pakaian batik Indonesia? sungguh ini adalah suatu hal yang mungkin akan terjadi jika kita bisa mengembangkan batik Madura atau batik Indonesia secara professional.


Sumber: 1001-madura.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Tinggalkan komentar anda tentang Batik Madura Warisan Budaya Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar